Melindungi Web dengan menggunakan .htaccess

Bagaimana caranya agar website yang kita buat tidak bisa diakses oleh orang lain kecuali beberapa orang yang ditunju. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk itu. Salah satunya menggunakan cara bawaan apache yaitu memanfaatkan file .htaccess dan .htpasswd. Dengan cara seperti ini orang yang mau masuk ke web kita harus mengisi username dan pasword yang benar. Tanpa itu mereka tidak bisa melihat website kita.
mari kita mulai, seandainya kita memiliki web yang terletak di dalam directory yang bernama "lagu" dan kita ingin rahasiakan dan hanya orang tertentu yang di tunjuk atau yang terdaftar yang bisa masuk.
misalnya kita meletakka directory "lagu" didalam /var/www/ lagu.
langkah selanjutnya masuk ke dalam directory lagu dengan perintah "cd /var/www/lagu", dan selanjutnya kita buat file .htaccess di dalam directory tersebut dengan menggunakan perintah "vi .htaccess".
tambahkan script di dalamnya dan scriptnya sebagai berikut :


AuthUserFile /etc/contoh
AuthName "kalau mau masuk harus terdaftar diri kepada operator"
AuthType Basic
Require valid-user

jika sudah simpan dengan perintah :wq

saya jelaskan sedikit sekilas script .htaccess yang kita buat tadi, 
pada bagian "AuthUserFile /etc/contoh" ini adalah tempat user yang terdaftar dan nama "contoh" itu adalah sebuah file yang isinya nanti adalah nama user dan password para pengguna web.
pada bagian "AuthName" itu adalah kalimat yang akan muncul pada saat kita mau login ke web.
dan pada bagian "Require" itu adalah user-user mana saja yang akan kita bolehkan untuk mengakses web kita, walaupun kita memiliki banyak user tetapi kita bisa memilih nya satu persatu, dan "valid-user" itu adalah kita memperbolehkan semua user yang kita buat untuk mengakses web kita.jika kita ingin menggunakan user yang kita pilih saja kita tinggal menghapus "valid-user" dan ganti dengan nama user jika ada 2 atau lebih tinggal di kasih spasi.

itu saja penjelesan tentang script file .htaccess dan kita lanjutkan ke langkah berikutnya.

setelah file .htaccess sudah selesai langkah selanjutnya adalah membuat htpasswd. terserah anda sekarang berada di dalam directory apa, tidak jadi masalah.
caranya : "htpasswd -c /etc/contoh admin" lalu enter, nanti anda akan di suruh menggisi password untuk user yang anda buat.
saya jelaskan menggenai htpasswd, "-c" adalah create, kita akan membuat file baru dan user baru beserta password nya, "/etc/contoh" itu adalah tempat file user dan password  yang akan di simpan, dan "admin" itu adalah nama user nya.

langkah selanjutnya adalah tinggal kita mainkan di apache nya, tempat dimana kita akan menggarahkan web yang kita beri .htaccess.
masuk kedalam apache "httpd.conf".
setalah masuk cari script "AllowOverride None" dan ganti "None" dengan "AuthConfig".
dan yang terakhir kita arah kan web yang akan kita lindungi di VirtualHost, contohnya
NameVirtualHost 10.20.30.1
<VirtualHost 10.20.30.1>
ServerAdmin webmaster@randi.com
DocumentRoot /var/www
ServerName www.randi.com
</Virtualhost>

tempat pengarahan nya adalah pada "DocumentRoot /var/www", itu adalah tempat web yang akan kita lindungi
jika sudah selesai langsung simpan ":wq"

selesai sudah .htaccess
contoh pengetesannya
jika anda sudah menginstal w3m pada server tinggal anda ketik "w3m http://www.randi.com", nanti iia akan meminta username dan password.

Share this Post:
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

No Responses to “Melindungi Web dengan menggunakan .htaccess”