melakukan trooble sutting

disini saya akan menjelaskan melakukan trooble sutting sederhana pada komputer, dan peristiwa ini saya alami sendiri, sewaktu saya berada di sekolah tiba-tiba saya di panggil oleh guru komputer saya yang bernama pak Oki, dia menyuruh saya untuk memperbaiki komputer milik teman saya yang sudah pindah dari smk labor, dan komputer nya menggalami sedikit masalah.

komputer nya mengalami hard disk tidak terbaca dan tidak mau masuk ke OS, apakah masalah di komputer ini ? saya akan menjelaskan nya walaupun cara penjelasannya kurang bagus, hehehe ^_^.


setelah saya melihat semuanya dan saya berfikir untuk melakukan percobaan.


hard diskpada saat itu saya mencoba membuka hard disk nya dan cd room tetap di pasang ternyata setelah komputer itu saya nyalakan dan ternyata komputer nya bisa masuk ke OS, dan pertama saya berfikir bahwa hard disk nya sudah rusak.


saya melakukan percobaan yang kedua untuk membuka cd room nya dan memasang hard disk, setelah saya nyalakan komputer dan komputer tersebut tidak mau masuk ke OS, dan saya berfikir kalau hard disk nya pasti rusak.



jumpertetapi setelah saya teliti semua perangkat keras pada komputer tersebut saya melihat bahwa ada sedikit masalah pada bagian belakang cd room tepat pada bagian JUMPER, pada saat itu jumper terletak pada bagian yang salah, jadi jumper itu tidak menyatakan master atau slave, jika ingin meletakkan jumper untuk menyatakan slave anda bisa melihat perintah pada bagian belakang cd room, dan jika anda ingin meletakan jumper untuk menyatakan master anda tidak perlu memasang jumper, dan pasanglah jumper di hard disk anda untuk menyatakan slave, karna harus ada master dan slave jika tidak maka hard disk dan cd room tidak akan terbaca.

jumper 2kemudian saya memindahkan JUMPER pada posisi yang benar, dan setelah saya nyalakan komputer ternyata semuanya terbaca dengan lancar.

Share this Post:
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

No Responses to “melakukan trooble sutting”